Hambatan Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia

Standard

Adalah suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri bahwa bangsaIndonesiasaat ini sedang dihadapkan pada transisi yang sungguh sangat problematis dan melelahkan. Problem transisi itu ditandai oleh tiga hal yang menghambat peningkatan mutu pendidikanImage, yaitu :

  1. Akibat rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM), kesempatan mengikuti pendidikan sangat kecil dan krisis multidimensional yang melelahkan, maka anggota masyarakat yang mengalami kegemangan dalam menghadapi masa depannya.
  2. Pelaksanaan kehidupan demokratis yang masih berada pada tahap “Remaja puberitas” ternyata memyebabkan setiap pengambilan keputusan selalu mengutamakan kuantitas atau jumlah yang besar meskipun tidak menggambarkan kebenaran
  3. Problem yang kita hadapi juga mencakup problem kepemimpinan. Sejumlah pemimpin tidak memiliki kelayakan intelektual, jiwa kepemimpinan, moral, dan tingkat kejujuran[1].

Lemahnya Sumber Daya Manusia (SDM) hasil pendidikan juga mengakibatkan lambannyaIndonesiabangkit dari keterpurukan sektor ekonomi yang merosot secara signifikan dari tahun ketahun.

Sehingga Schotz dan Solow, dalam Dede Rosyada menegasankan bahwa, pendidikan merupakan faktor penting dalam partumbuhan ekonomi melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)[2]. Hal ini dapat  dilihat pada negara maju, dimana kemajuan ekonomi yang didapatnya tidak lepas dari peranan pedidikan di Negara tesebut. Hambatan Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s