Dana bos belum efektif

Standard

Kini berkembang isu santer kurang sehat ke Pemkab /Kota ,Pasalnya penyaluran dana BOS dari pemerintah pusat ke rekening pemerintah daerah dinilai kurang efektif. Penggunaan sistem ini dituding menyebabkan banyak keterlambatan dalam pencairan dana BOS di sekolah-sekolah.
Keterlambatan pencairan dana otomatis membuat pihak sekolah kesulitan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Untuk itu, pentransferan cara baru, yakni pengiriman dana BOS langsung ke rekening sekolah dipandang lebih efektif.
Pengiriman dana BOS dari pemerintah pusat ke daerah cenderung menimbulkan adanya dugaan penyimpangan. Banyak keluhan dari sejumlah sekolah karena dana BOS tak kunjung cair. “Dana BOS tidak langsung sampai karena harus ngendon dulu di rekening pemerintah Kabupaten/Kota,”Kita tahu bahwa pemerintah pusat sudah melakukan pemangkasan birokrasi dalam proses pencairan dana BOS. Pada awalnya, transfer dana BOS dilakukan melalui rekening Pemprov. Sekarang birokrasinya dipangkas lebih pendek dengan mentranfer melalui rekening Pemkab/Pemkot.
Namun apa yang terjadi?.Meski sudah diperpendek alur transfernya, dana BOS tetap lamban sampai ke pihak sekolah.“Ternyata transfer ke rekening Pemkab/Pemkot tidak mempermudah, justru semakin lama sampainya di sekolah penerima,”
Mengapa ini terjadi,Dana BOS yang sudah sampai ke Kabupaten/Kota tetapi tidak segera dikirimkan ke sekolah penerima, menjadi modus oknum untuk mengeruk untung dari bunga dana BOS yang berada di bank. “Karena semakin lama menginap di bank, oknum bersangkutan akan menerima keuntungan dari bunga bank yang cukup besar jumlahnya,”
Jika di lihat sedemikian rupa dan kenyataan lapangan menunjukan keterlamabatan maka sebaiknya aparat penegak hukum atau intansi terakit untuk mengusut masalah tersebut. Jika memang ada kesengajaan dari oknum tertentu yang mengendapkan dana BOS, hal itu merupakan pelanggaran hukum yang harus ditindak tegas jika memang harus di sempurnakan lagi maka cepat cari solusi,karena jika uang terendap di bank maka hasil bunga bank dari dana BOS tidak boleh dinikmati secara perseorangan dan harus dinikmati siswa.
kegiatan besok di HUT PGRI ke 66 seyogya menjadi satu bahasan utama karena pendidikan tidak akan berjalan normal jika dana sebagai penunjang proses penyelenggaran pendidikan tidak tepa waktu dan seakan selalu bermasalah.Kapan Karawang bisa cairkan dana BOS yang sudah mandeg 2 bulan?jangan salahkan guru jika ada yang mengatakan, BOS sama dengan BUAT OGAH SESUATU,”MENGEJARA”. (H.K)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s